PROFIL PROGRAM STUDI S1 KEPERAWATAN

Penyelenggaraan praktik keperawatan didasarkan pada kewenangan yang diberikan karena keahlian yang dikembangkan sesuai dengan kebutuhan kesehatan masyarakat, perkembangan ilmu pengetahuan dan tuntutan globalisasi sebagaimana  tertera  dalam  Undang-Undang  Republik  Indonesia  Nomor  36 Tahun 2009.

Kurikulum Inti Pendidikan Ners Indonesia 2015 terdiri atas kurikulum tahap akademik (Sarjana   Keperawatan)   dan   kurikulum   tahap   profesi   (Ners).

VISI MISI PROGRAM STUDI S1 KEPERAWATAN ITS PKU MUHAMMADIYAH SURAKARTA

VISI

“Menjadi Program Studi Profesi Ners yang Unggul dalam Pengembangan Keperawatan Geriatri dan Berkarakter Islam Berkemajuan pada Tahun 2030”

MISI

  1. Menyelenggarakan pengelolaan akademik yang kondusif dengan mengedepankan service exellent dalam menegembangakan nilai islam berkemajuan
  2. Menyelenggarakan pendidikan keperawatan yang profesional, dalam bentuk pembelajaran berbasis tehnologi informasi, dengan pendekatan student center learning (SCL) untuk mencapai unggul dalam kompetensi keperawatan geriatri
  3. Menyelenggarakn penelitian keperawatan berbasis keperawatan geriatri
  4. Menyelenggarakan penelitian dan pengabdian masyarakat berbasis pada geriatri
  5. Menyelenggarakan kerjasama dengan pengembangan pendidikan , penitian dan pengabdian yang membantu dan saling membutuhkan.

Metode Pembelajaran

  1. Perkuliahan.
  2. Tutorial atau diskusi kelompok.
  3. Metode pembelajaran student center learning (SCL); Problem Based Learning (PBL).
  4. Praktikum Keperawatan dan Ketrampilan Keperawatan (Skill Lab) di Laboratorium.
  5. Pengalaman Belajar Lapangan.
  6. Model pembelajaran seminar dan penelitian.
  7. Pendidikan Profesi Ners berada Rumah Sakit dan Puskesmas/Lapangan yang memadai.

Kompetensi Lulusan

  1. Lulusan mampu melakukan asuhan keperawatan profesional di klinik maupun di komunitas yang mengedepankan service exellent dalam menegembangakan nilai islam berkemajuan
  2. Lulusan yang unggul dalam pengembangan keperawatan geriatri dan berkarakter islam berkemajuan
  3. Lulusan mampu mengembangkan keperawatan profesionalisme yang islami
  4. Lulusan mampu menerapkan etika keperawatan dan legal hukum dalam praktik keperawatan
  5. Lulusan mampu melakukan penelitian dan pengabdian masyarakat berbasis pada geriatri

 

FASILITAS

  1. Gedung perkuliahan dan pembelajaran yang berada di dalam kampus ITS PKU Muhammadiyah Surakarta terletak di gedung S1 Keperawatan, terdiri dari Ruang Kuliah, Ruang Tutorial dan Ruang dosen
  2. Sarana penunjang pembelajaran skill lab, Program Studi S1 Keperawatan Telah memiliki Laboratorium yang telah dirancang sebagai mini hospital.
  3. Tempat Praktek untuk kegiatan praktek klinik S1 keperawatan dan Profesi antara lain RS. PKU Muhammadiyah Surakarta, RSUD Kota Surakarta, Rumah Sakit Ortopedi Dr. Soeharso Surakarta, Panti Wredha Dharma Bakti Surakarta, Panti Wredha Aisyiyah Sumber Surakarta, Puskesmas wilayah Surakarta.
  4. Sarana lain berupa kerjasama internasional yang dimiliki oleh ITS PKU Muhammadiyah Surakarta antara lain dengan Khon Kaen University, Thailand; Centro Escolar University, Philipines; Arellano University, Philipines; Cubu Gakuin University, Japan; College of Nursing, Taipei Medical University; Taiwan R.O.C dan masih masih terdapat beberapa institusi internasional lainnya.
  5. Sarana dan fasilitas lain yang diperoleh Mahasiswa S1 Keperawatan ITS PKU Muhammadiyah Surakarta antara lain tempat parkir, mushola disetiap lantai di gedung Keperawatan, perpustakaan yang nyaman dan menunjang proses pembelajaran, food courte dan kantin sehat.